Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Yang Perlu Diperbaiki

 



Sebuah organisasi yang hadir di lingkungan mahasiswa, tidak hanya menaungi sebatas organisasi tetapi keluarga dan tempat dakwah yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Bagi sebagian orang yang menganggap IMM adalah sebuah organisasi yang diperuntukan oleh orang-orang tertentu yang memilih untuk mengikuti sebuah peraturan yang ada dalam Islam, tentu saja itu salah. IMM mengajarkan untuk kita lebih baik tidak hanya dalam menjalankan sebuah amanah atau hanya belajar tentang berorganisasi. Tetapi di IMM kita diajarkan untuk memahami dengan lebih baik bagaimana menjalankan sebuah organisasi yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Menjadikan Al-Quran dan Sunnah sebagai landasan dalam menjalankan sebuah organisasi.

 

Namun sangat disayangkan masih ada yang perlu diperbaiki. Sebab virus merah jambu yang ada dan wajar untuk dialami oleh remaja, begitupun di IMM masih ada yang melanggar aturan yang sudah jelas dilarang oleh Islam. Menjadikan IMM sebagai tempat bertemu atau mencari seseorang yang dapat dijadikan kekasih. Tulisan ini tidak bermaksud untuk menyakiti siapapun. Hanya saja sangat disayangkan apabila masih ada Kader IMM yang melakukan hal tersebut. Dalam Al-Quran  pun sudah dijelaskan jangan mendekati zina, karena zina adalah perbuatan yang keji. Bagaimana dengan religiusitas yang seharusnya terbentuk di IMM tetapi harus dirusak dengan perbuatan tersebut. Bukankah itu tidak sesuai dengan karakter Kader IMM yang dibentuk?

 

Bukankah Kader IMM dibentuk untuk menjalankan sebuah organisasi yang berlandaskan Al-Quran dan Sunnah? Lantas mengapa masih ada yang keluar dari jalur tersebut? Kesalahan ini yang perlu diperbaiki. Karena tidak hanya kinerja selama 1 periode yang dituntut untuk dijalankan dengan baik, tetapi bagaimana setiap Kader IMM di Pimpinan Komisariat maupun Pimpinan Cabang yang harus mencerminkan Kader IMM yang sangat baik. Memperbaiki perlahan dengan sadar bahwa di organisasi bukan menjadi manfaat untuk dekat dengan lawan jenis. Menjaga jarak pun itu harus. Belajar untuk lebih memfokuskan kegiatan di organisasi sebagai ladang dakwah yang harus dijalankan dengan baik dan mengesampingkan hal-hal yang kurang bermanfaat. Dengan terus mengingat bahwa dimanapun dan apapun aktivitas kita, Allah akan selalu melihat dan tau apa yang kita lakukan. Mempunyai rasa takut terhadap Allah itu penting karena akan membuat kita menjauhi segala larangan-Nya dan terbiasa melakukan hal-hal yang dianjurkan-Nya saja.

 

Memperbaiki kesalahan bukan hal yang memalukan. Memperbaiki kesalahan perlahan-lahan juga bukan hal buruk. Karena dari setiap kesalahan yang kita lakukan, kita akan mengingat untuk tidak melakukannya lagi. Sama dengan saat kita mengerjakan soal matematika yang sulit lalu jawaban kita salah. Bukankah saat guru menjelaskan jawaban yang benar, kita akan mengingatnya? Mengingat untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sudah kita lakukan pada saat itu. Hasilnya? Bukankah kita senang karena akhirnya mendapat nilai memuaskan karena kita paham, tidak menyontek teman, dan bangga dengan usaha kita untuk belajar lebih baik. Memperbaiki kesalahan memang menyenangkan, karena sampai kapanpun itu kita akan melakukan kesalahan-kesalahan yang harus kita perbaiki. Jangan memperbaiki kesalahan karena merasa malu terlihat oranglain. Tetapi memperbaiki kesalahan terutama perilaku karena takut kepada Allah. Jika kesalahan itu berupa sebuah pelajaran, baik pelajaran di sekolah, kampus maupun kantor atau pelajaran di kehidupan maka kamu harusnya bersyukur dapat memperbaikinya sedini mungkin. Agar saat kamu melewati hal itu “lagi” maka kamu akan tau harus berbuat apa dalam bersikap.

 

Karya : Khawla

Editor : Zakiyah

Posting Komentar untuk "Kesalahan Yang Perlu Diperbaiki"